You are here: Event Kapolri Minta Setiap Kantor Polisi Mampu Hadirkan Sisi Kemanusian Melalui Pojok Buku

Kapolri Minta Setiap Kantor Polisi Mampu Hadirkan Sisi Kemanusian Melalui Pojok Buku

Surel Cetak PDF
43 readings

portalkriminal_kotak.jpg

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memerintahkan setiap Polda dan Polres membangun “Pojok Baca” sebagai sarana mendekatkan  polisi dan masyarakat. “Polisi harus bisa menunjukkan sisi humanisnya (kemanusian), salah satunya dengan menghadirkan perpustakaan atau pojok baca di markas polisi,” kata Tito Karnavian saat meresmikan “Pojok Baca” di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (10/8).

Cara pendekatan melalui buku, kata Tito, sudah pernah disaksikan sewaktu dirinya menjadi Kapolda Papua. Di sana, pasukan Brimob berfungsi tidak hanya berfungsi sebagai pasukan tempur, melainkan juga mengajar di sekolah-sekolah  darurat karena pemberontakan  Organisasi Papua Merdeka.

“Turun tangannya pasukan Brimob mengajar di kancah konflik, membuat sisi humanis antara Polri dan keluarga OPM. Anak-anak dari keluarga OPM diajar oleh Anggota Brimob di sekolah darurat. Ibu-ibu menunggu anak-anaknya. Hal ini ini efektif untuk meredam kekerasan yang sering terjadi di sebagian kecil Papua,” kata Kapolri.

Tito mengakui ide kreatif Pojok Baca berasal dari Najwa Shihab yang telah dinobatkan Perpustakaan Nasional sebagai Duta Baca."Saya merasa cocok dengan ide ini. Ini jelas dalam rangka menyelamatkan minat baca yang masih rendah di masyarakat dan juga di kepolisian," kata dia.

Karena itu, Jenderal Tito memerintahkan seluruh Polda di Indonesia untuk segera membuat Pojok Baca. “Saya perintahkan ke seluruh jajaran kepolisian, ini bertahap. Polda dulu, dalam bulan ini wajib membuat Pojok Baca. Tapi, jangan asal buat,” kata Tito.

Sementara itu, Najwa Shihab mengatakan, penunjukan dirinya sebagai Duta Baca memiliki tantangan tersendiri di tengah rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Dia kemudian mengirimkan surat kerja sama ke sejumlah pihak untuk membangun ruang-ruang baca yang ditujukan untuk masyarakat umum.

"Dari kebanyakan institusi yang paling cepat merespons tugas besar adalah Polri ," ucap Najwa.

Melihat fasilitas Pojok Baca yang dibuat kepolisian di salah satu ruangan Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Najwa terkagum-kagum. Ia optimistis ruang baca itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama mereka yang tengah sibuk mengantre pembuatan SIM.

"Ini sih namanya bukan Pojok Baca, tapi perpustakaan. Ada tempat duduknya, ada WiFi gratis. Saya kira tidak ada lagi alasan tidak jatuh cinta membaca," kata dia.

Sebanyak sekitar 2.500 buku tersedia di Pojok Baca. Ruangan  didesain sedemikian rupa agar pembaca merasa nyaman. Terdapat pula beberapa unit komputer dan tablet yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mengakses informasi melalui internet.





Berita Terkait: