You are here: Home Curat / Curas Rekonstruksi 34 Adegan Pembunuhan Davidson: Begitu Sadisnya Perampok

Rekonstruksi 34 Adegan Pembunuhan Davidson: Begitu Sadisnya Perampok

Surel Cetak PDF
70 readings

Rekonstruksi Pembunuhan Davidson

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA:  Sebanyakan 34 adegan cukup untuk menggambarkan bagaimana kesadisan perampok menembak mati pengusaha kooperasi Davidson Tantono (32).  Adegan demi adegan itu berlangsung secara sistematis mulai dari Bank BCA Green Garden hingga SPBU 34-11712 Daan Mogot.


Menurut Wadireskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiarto, pelaku hanya membutuhkan 15 menit untuk melakukan kejahatan ini mulai dari awal mengikuti di bank hingga akhir.

"Karena saat itu situasi jalanan tak terlalu padat‎, sehingga pelaku bisa dengan lancar mengikuti orban yang mobilnya dalam keadaan ban kempis," kata Didik di SPBU Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (23/7/2017).

Didik melanjutkan, ‎rekostruksi yang diiuti empat tersangka ini ini dimulai dari Bank BCA Green Garden. Disana salah pelaku DTK mengintai Davidson yang saat itu tengah mengambil uang.

"Sementara, beberapa tersangka ada yang di luar bank, berbagai macam peran. Tim penyidik melakukan rekosntruksi masing-masing tersangka," kata Didik.

Dia melanjutkan, setelah korban keluar, pelaku DTK memberikan kode ke 12 tersangka lainnya yang ada di luar kemudian segera mengikuit mobil korban yang ada akan jalan.

"Mereka membagi tugas seperti melakukan  pemantauan, ada yang mengemudikan kendaraan roda empat, ada pembonceng ada yang menggebos," kata Didik.

"Penggembosan ini makai paku yang dikaitkan dengan sendal, sehingga paku ini masuk ke ban, ban sehingga kempes. Pelaku juga bilang ke korban ban kempes, dan dianggap aman langsung ke SPBU, pada saat proses pergantian ban, pelaku memanfaatkan kelengahan itu," tambah dia.

Didik melanjutkan, dari 7 orang tersangka yang ditangkap, dua orang ditindak tegas.

"Ada dua pelaku yang kita lakukan tindakan tegas tersebut, yang pertama S perampas dan penembak, dan dia juga sebagai kaptennya, kapten yang melakukan perampokan ini. Dia sebagai penentu sasaran dan pembonceng dari pada komplotannya.," tutup Didik.

Davidson tewas dengan kepala tertembak di SPBU 34-11712 Jalan Daan Mogot, KM 12, Cengkareng, Jakarta Barat. Pria itu bernama Davidson Tantono, warga Tangerang, Banten. Ia tewas bersimpah darah setelah ditembak perampok saat mempertahankan uang Rp300 juta yang baru saja ia ambil dari bank untuk nasabahnya.  (jer)




Berita Terkait: