You are here: Home Gelap / Tipu Pengusaha Elektronik Laporkan Asuransi Allianz Utama Indonesia

Pengusaha Elektronik Laporkan Asuransi Allianz Utama Indonesia

Surel Cetak PDF
225 readings

Alvin Lim

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Direktur Utama PT Allianz Joachim Wessling dan Manajer Klaim Allianz Life Yuliana Firmansyah, tersangka kasus pidana perlindungan konsumen kembali dilaporkan salah satu konsumennya yakni pengusaha toko Sonny milik.

Alvin Lim selaku kuasa hokum mendampingi korban Mariana melaporkan Direksi dan Manajer Klaim PT Asuransi Allianz Utama Indonesia ke Bareskrim Mabes Polri atas dugaan pidana yang sama dengan laporan Allianz Life, yaitu pidana perlindungan konsumen.

Maria menjelaskan, kasus ini bermula ketika Toko Sony Vaio milik korban, dibobol maling pada tanggal 30 Nopember 2010, 18 April 2011 dan 23 April 2011.

“Atas kerugian tersebut kita sudah mengajukan klaim ke Allianz Utama tetapi dipersulit dan klaim sempat ditolak dengan alasan adanya klausal warranty," kata dia di Mapolda Metro Jaya Selasa (10/10).

Bahkan, nilai klaim pembobolan kedua dan ketiga di diskon secara sepihak oleh Allianz hingga sebesar 70% dengan alasan 'insufficient and inaccuracy data' dan alasan hanya ingin dibayarkan 21 laptop sesuai dengan pengakuan si pencuri.

"Alasan-alasan tersebut tidak sesuai dengan keterangan buku polis dan penjelasan agen ketika pertama kali menawarkan produk asuransi kepada korban," tegas dia.

Menurut dia, PT. Asuransi Allianz Utama sudah melanggar pasal 8 ayat 1f penjualan produk tidak sesuai keterangan atau etiket, serta pelanggaran larangan klausal baku pasal 18g dimana Allianz secara sepihak mengenakan klausal baku yang mengurangi hak konsumen serta juncto 62 berisi ancaman pidana 5 tahun dan 63f sanksi administratif berupa pencabutan ijin usaha perusahaan.

"Allianz perlu dicabut ijin usahanya apabila terbukti bersalah karena keangkuhan Allianz yang kerap mempermainkan nasabah agar menjadi efek jera bagi Allianz," tegas dia. (han)





Berita Terkait: