Rabu, 22 November 2017

Headlines:

Wawancara  |   Profil  |  Crime Story  |  Investigasi  Tips Suara Pembaca 

You are here: Home Gelap / Tipu 2 Pria Ini Tipu Money Changer Pakai Cek Bodong, Ditangkap Polres Jakarta Selatan

2 Pria Ini Tipu Money Changer Pakai Cek Bodong, Ditangkap Polres Jakarta Selatan

Surel Cetak PDF
50 readings

portalkriminal_kotak.jpg

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Polres Metro Jakarta Selatan menangkap dua pria berinisial H, 51 tahun dan JHS, 47 tahun, yang menipu petugas money changer menggunakan cek palsu alias bodong. Uang yang didapat pelaku digunakan untuk berjudi.

"Uangnya dipakai untuk berjudi," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bismo Teguh di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Rabu (1/11/2017).

Peristiwa bermula saat kedua tersangka menelpon petugas resepsionis money changer di kawasan Blok A, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017). Kedua pelaku mengaku ke petugas tak bisa masuk ke dalam kantor money changer karena terburu-buru.

"Pelaku menghubungi money changer yang bersangkutan, bilang terburu-buru karena ada kesibukan yang lain dan tidak bisa masuk ke dalam," terang AKBP Bismo.

Pelaku dan petugas money changer akhirnya bertemu dan melakukan transaksi di depan kantor. Pelaku membeli USD 10.000 menggunakan cek nomor CY 405973 dengan uang rupiah senilai Rp 135.250.00.

Petugas money changer lalu memeriksa cek yang diberikan pelaku tersebut, namun ternyata ditolak dengan alasan tak cukup saldo. Sementara kedua pelaku telah pergi usai transaksi. Petugas money changer tersebut lalu melapor ke polisi.

Kedua pelaku akhirnya ditangkap polisi di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (27/10/2017) pekan lalu. Polisi juga menyita sejumlah barang bukti, yakni satu unit sepeda motor, 5 lembar USD 100, 3 lembar Rp 100.000, 4 lembar Rp 50.000, dan dua unit ponsel.

Kedua pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun penjara.(GAN)




Berita Terkait: