You are here: Home Kriminal Daerah Satgas Anti Mafia Tanah di Jatim Dibentuk

Satgas Anti Mafia Tanah di Jatim Dibentuk

Surel Cetak PDF
77 readings

Ilustrasi

PORTALKRIMINAL.COM - SURABAYA: Banyaknya kasus pidana terkait sengketa pertanahan kini ditindaklanjuti oleh Polda dan Kanwil BPN Jatim.  Hal itu diimplementasikan dengan membentuk Tim Satgas Mafia Tanah yang dikerjasamakan di Surabaya,  Selasa (1/8).


"Kasus sengekta tanah ini banyak terjadi di Jatim.  Ini terjadi karena memang harga tanah di Jatim tidak ada yang murah.  Dengan satgas ini maka kami bisa berbagi informasi terkait kasus yang terjadi di Jatim," kata Kapolda Jatim,  Irjenpol Machfud Arifin.

Ia menjelaskan,  saat ini dari data Polda Jatim masalah pertanahan yang ditangani mencapai 140 kasus.  "Yang terdata sekitar 140 an kasus.  Yang tidak terdata bisa lebih banyak lagi dan itu yang menjadi target dari tim satgas untuk menyelesaikan kasus lebih banyak lagi," tuturnya.

Untuk teknis tim satgas yang baru dibentuk itu,  ia menyerahkan sepenuhnya pada Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim.  "Dari BPN sudah disiapkan personilnya dan itu akan dilaporkan ke kami sebelum tim bertugas," ujarnya.

Saat ditanya rencana pembuatan posko pengaduan,  ia tak menampilkan dan bisa saja dilakukan.  "Posko bisa saja dibuat.  Namun saat ini laporan pidana pertanahan di Polda Jatim bisa langsung ditindaklanjuti oleh tim satgas," tuturnya.(Die)




Berita Terkait: