Rabu, 22 November 2017

Headlines:

Wawancara  |   Profil  |  Crime Story  |  Investigasi  Tips Suara Pembaca 

You are here: Home Kriminal Daerah Amankan Pilkada Serentak 2018, Polda Jatim Kerahkan 27 Ribu Personel

Amankan Pilkada Serentak 2018, Polda Jatim Kerahkan 27 Ribu Personel

Surel Cetak PDF
36 readings

Ilustrasi

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Drs. Machfud Arifin,SH, mengatakan, beberapa daerah yang berpotensi rawan saat pelaksanaan pilkada diantaranya yakni wilayah Madura, Pasuruan, Bondowoso, Prolinggo, dan Mojokerto. Dalam rangka mengamankan tahapan pilkada serentak 2018 Polda Jatim menurunkan total 27.840 personel. Sedangkan pada tahap pungut dan hitung suara akan diturunkan maksimal 120.999 personel, terdiri dari Polri, TNI, serta Linmas.

“Guna mendukung terlaksananya pilkada yang aman, tertib dan lancar telah dilakukan Cipta Kondisi melalui sinergitas 3 pilar plus dari provinsi hingga kecamatan. Ini sesuai dengan gagasan Pak Gubernur bahwa Pilkada Jatim ini untuk Jatim,” ungkapnya di Surabaya, Senin (13/11).

Dikatakan pria asli Surabaya ini, faktor pemicu konflik dalam Pilkada diantaranya yakni penyelenggara pilkada dinilai tidak netral, SDM nya kurang profesional, dan pasangan calon/paslon tidak legowo menerima kekalahan. Disamping itu, juga adanya ketidakakuratan Daftar Pemilih Tetap/DPT, dan kekurangan logistik surat sura di TPS.

“Dalam mengantisipasi beberapa hal ini diperlukan pengawasan ketat oleh Bawaslu serta peran aktif masyarakat. Dukungan dari Pemda dan Jajaran juga diperlukan untuk menyelenggarakan pilkada yang berkualitas,” tukasnya.(Die)




Berita Terkait: