Rabu, 22 November 2017

Headlines:

Wawancara  |   Profil  |  Crime Story  |  Investigasi  Tips Suara Pembaca 

You are here: Home Penculikan Warga Kore Pelaku Penculikan Anak Rekan Bisnisnya Gunakan Anak Mereka Sendiri untuk Menculik

Warga Kore Pelaku Penculikan Anak Rekan Bisnisnya Gunakan Anak Mereka Sendiri untuk Menculik

Surel Cetak PDF
45 readings

portalkriminal_kotak.jpg

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Hendy F Kurniawan mengatakan, dari hasil penyelidikan diketahui pelaku penculikan bocah warga negara Korea Selatan, KH (10) kenal dengan orangtua korban.

Bukan hanya itu, KH yang diculik pun kenal pula dengan anak pelaku Baik Jongkwoon yang dibawa Baik ke Jakarta bersama dengan KH sebagai modus menculik KH.

"Untuk anak-anak mereka saling kenal antara korban KH dengan anak pelaku. Kemudian orang tua korban juga mengenal dengan pelaku," kata dia si Markas Polda Metro Jaya, Kamis 2 November 2017.

Meski begitu, Hendy tak bisa merinci bagaimana cara pelaku membujuk KH hingga akhirnya KH mau ikut mereka dari Korsel ke Bali, lalu ke Jakarta pada akhirnya. Sebab, pihaknya hanya membantu kepolisian Koresel mengamankan pelaku.

Untuk proses penyelidikan lebih detail menjadi wewenang kepolisian Korsel.

"Saya kurang bisa menjelaskan detail terkait proses atau mekanisme penculikan sendiri di sana. Proses penyidikan dilakukan kepolisian sana. Jadi pelaku memanfaatkan anak-anaknya untuk mengajak KH, untuk diajak liburan ke bali. Ketika diajak liburan pelaku meminta sejumlah uang kepada orangtua KH," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Seorang anak asal Korea Selatan, KH (10) dilaporkan telah diculik dan dibawa kabur ke Indonesia dari negara tersebut. Laporan penculikan anak itu diterima Polda Metro Jaya dari Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia di Jakarta pada 1 November 2017.

Tak butuh waktu lama, setelah menerima laporan itu dan utusan Kedubes Korsel membuat laporan kepolisian di SPKT Polda Metro Jaya sebagai dasar pengusutan kasus, pihak kepolisian langsung meringkus kedua pelaku pada 1 November 2017 malam. Seorang tersangka bernama Baik Jongkwoon dibekuk di sebuah apartemen di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, sedangkan seorang lagi bernama Seo Sang Woon diringkus di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Seo Sang Woon ditangkap saat sedang bersama dua anak perempuan, satu di antaranya ialah korban dan yang lain anak Baik Jongkwoon, diduga hendak kembali ke Korea Selatan. (han)




Berita Terkait: