You are here: Lantas ITW Nilai Korps Lantas Polri Kurang Maksimal Soal Keselamatan

ITW Nilai Korps Lantas Polri Kurang Maksimal Soal Keselamatan

Surel Cetak PDF
258 readings

Edison Siahaan

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Indonesia Traffic Watch (ITW) menilai sosialisasi tentang  eamanan, keselamatan,ketertiban, kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas yang dilakukan Polri masih sangat minim.Padahal musim mudik Hari Raya Idul Fitri 2017 hanya tinggal beberapa hari lagi.

“Seharusnya sosialisasi tentang tertib berlalu lintas sudah harus digalakkan sejak dini, agar kesadaran tertib lalu lintas dan kewaspadaan masyarakat saat musim mudik nanti terus meningkat,” kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, Sabtu (17/6).

Anehnya, justru,Edison melanjutkan, upaya-upaya keselamatan berlalu lintas lebih mendapat perhatian dari kementerian Perhubungan,khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Padahal, sosialisasi keselamatan dan tertib lalu lintas merupakan domain Polri yang dilaksanakan Korps Lantas Polri.

Sayangnya, hingga jelang musim mudik, belum terlihat ada upaya-upaya atau sosialisasi yang maksimal dilakukan Polri terkait tentang keselamatan berlalu lintas.

“Sejatinya, tiga atau dua minggu sebelum musim mudik, Polri sudah harus secara massif menggelorakan tentang keselamatan lalu lintas di media cetak,televisi dan berbagai media lainnya. Namun itu itu tidak terdengar,”ujar Edison.

Dikatakan, kecanggihan alat transportasi dan kehebatan infrastruktur jalan serta banyaknya jumlah petugas yang diturunkan, belum menjadi jaminan terwujudnya Kamseltibcar. Ketersediaan semua sarana prasarana itu  bisa menjadi kurang efektif bahkan sia-sia.Apabila tidak didukung dengan kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat yang baik.

ITW menyebut mewujudkan Kamseltibcar lalu lintas adalah tugas fokok dan fungsi Polri. Seharusnya Polri menjadikan Kamseltibcar sebagai prioritas,khususnya pada musim mudik seperti saat ini. Apalagi Polri sudah memiliki anggaran untuk melaksanakan sosialiasasi tentang keselamatan berlalu lintas.

Sayangnya, Edison melanjutkan, respon Polri terhadap keselamatan berlalu lintas terlihat masih sangat kurang. “Polri jangan membiarkan masyarakat mengurus sendiri soal keselamatannya di jalan raya. Polri harus membekali masyarakat dengan informasi-informasi tentang keselamatan berlalu lintas,” ujar Edison. (jak)







Berita Terkait: