You are here: Meja Hijau Banding Ditolak, Jessica Bakal Ajukan Kasasi

Banding Ditolak, Jessica Bakal Ajukan Kasasi

Surel Cetak PDF
409 readings

Ilustrasi

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA:  Beredar kabar Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta memberikan putusan banding terkait kasus kopi sianida yang mana putusan itu menguatkan putusan sidang sebelumnya. Menanggapi itu, pihak Jessica Kumala Wongso pun akan mengajukan kasasi.

Pengacara Jessica, Yudi Wibowo S mengatakan, dia belum tahu soal kabar banding yang diajukan Jessica terkait kasus kopi sianida itu yang menewaskan Wayan Mirna Salihin, apakah di tolak ataukah diterima. Sebab, dia pun saat ini tengah berada di Surabaya.

"Tapi pastinya, diterima yah syukur, ditolak yah ndak masalah, kita ajukan kasasi,", ujarnya pada sindoenws, Senin (13/3/2017).

Pria yang juga sebagai paman Jessica itu menerangkan, kalau Jessica itu ibarat Antasari Azhar, meski tak tersalah tapi malah dihukum dan dipenjara. Dia pun menilai, hukum di Indonesia ini kurang baik karena tak bisa menegakan keadilan.

"Jadi seperti Antasari saja, tak salah dihukum, baru bebas saat kasasi. Dan tak perlu ituh suap-suap, kalau adil yah adil saja hukum itu harusnya," tuturnya.

Dia menambahkan, kalau saat ini, Jessica dalam kondisi baik-baik saja. Namun, dia pun sudah lama tak menjenguk keponakannya itu di tahanan.

Sementara itu, beredar kabar kalau Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta telah memberikan putusan banding terkait kasus kopi sianida itu dengan terpidana Jessica Kumala Wongso. Dalam putusannya, Majelis Hakim menguatkan putusan sidang sebelumnya yang memvonis Jessica dengan hukuman 20 tahun penjara atas pembunuhan yang dilakukan Jessica terhadap Wayan Mirna Salihin.

"Menerima permintaan banding dari penasihat hukum terdakwa dan penuntut umum tersebut. Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 777/Pid.B/2016/PN.Jkt.Pst tanggal 27 Oktober 2016 yang dimintakan banding tersebut," tulis salinan putusan yang diterima wartawan.

Dalam salinan putusan itu, Majelis Hakim juga memutuskan kepada Jessica untuk membayar biaya perkara pada tingkat banding sebesar Rp 2.000. Disebutkan, dalam pengadilan tingakat banding di Pengadilan Tinggi ini, Majelis Hakim diketuai oleh Hakim Ketua Elang Prakoso Wibowo dengan dua Hakim Anggota yakni Pramodana K.K Atmadja dan Sri Anggarwati.

Hal itu berdasarkan penetapan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 393/Pid/2016/PT.DKI tanggal 21 Desember 2016. Putusan sendiri diambil Majelis Hakim pada 7 Maret 2017.




Berita Terkait: