You are here: Narkoba Polda Metro Ringkus 3 Lagi Sindikat Ganja 1 Pikap di Bandung

Polda Metro Ringkus 3 Lagi Sindikat Ganja 1 Pikap di Bandung

Surel Cetak PDF
134 readings

AKBP Jean Calvin Simanjutak

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap tiga lagi tersangka pengendali ganja sebanyak 252 kilogram yang disimpan dalam tumpukan jeruk busuk yang dibawa mobil pikap beberapa waktu lalu. Ketiga tersangka tersebut  merupakan pengendali yang merupakan narapidan yang mengendalikan dari Lapas di Bandung.

Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvin Simanjutak mengatakan, ketiganya merupakan narapidana yang mendekam di Lapas Klas 2A Banceuy, Bandung dan Lapas Narkotika Bandung di Jelengkong.

"Ya, sudah ada tiga napi yang kami tangkap," kata AKBP Calvin, Mapolda Metro Jaya, Sabtu (7/10).

Ketiga napi bernama Dadan Sunardi alias Dados (37), Ahmad Suryadi alias Amad (24), dan Dede Supriyatna alias Kebo.

Dados dan Amad diamankan di Lapas Klas 2A Banceuy pada Rabu (4/10). Sedangkan, Kebo diamankan keesokan harinya di Lapas Narkotika Bandung.

Terkait kasus ini, masih ada tiga orang  berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) dan hingga kini masih terus dikejar.  Polisi sudah mendapatkan identitas dan alamat ketiga DPO, namun nampaknya mereka tahu dalam pengejaran polisi.

Selain itu, dari tiga DPO ini polisi masih memburu satu orang lagi dengan sebutan Abang sebagai pemesan ganja dan sudah memberi uang sebesar Rp 50juta dari total mencapai Rp 500 juta.

"Penangkapan ini hasil pengembangan dari tersangka AEL yang ditangkap lebih dulu. Ketiganya kini menjalani pemeriksaan. Setelah selesai pemeriksaan kita kembalikan lagi ke Bandung," paparnya

Dijelaskan, Kebo mendapat pesanan ganja dari seseorang dengan sebutan Abang (masih dikejar) dengan total Rp500 juta, namun baru diterima Rp 50 juta sisanya akan dilunasi jika pesanan sudah nyampai Karawang. Kebo meminta dua temanya yang juga di dalam penjara untuk mencarikan orang mengirim ganja di Tangerang Banten agar dikirim ke Karawang  Jawa Barat.  

Semula Kebo meminta Ahmad untuk mencarikan sopir. Karena tak ada kabar, Kebo menyampaikan ke Dados. Dados di dalam Lapas mengontak AEL untuk  mencarikan sopir agar membawa barang dari Tangerang ke Karawang. Setelah dicari dan berhasil  mendapatkan mobil bak Suzuki Carry B-9450-ZAD,   yang dikemudiakan  Agus. Mobil bak ini berisi ganja namun di atasnya diberi jeruk yang sudah busuk. Tujuannya untuk mengelabuhi petugas.

Kasus ini masih terus kita kembangkan untuk memburu siapa pemesannya, siapa pemiliknya juga siapa saja yang terlibat, ini kan sindikat yang melibatkan banyak orang, karena itu kami akan terus mengembangkannya," tambahnya.(np)




Berita Terkait: