You are here: Narkoba Gagalkan 10 Kg Sabu, INW Apresiasi BNN Awasi Lintas Batas Entikong Rawan Penyeludupan

Gagalkan 10 Kg Sabu, INW Apresiasi BNN Awasi Lintas Batas Entikong Rawan Penyeludupan

Surel Cetak PDF
4892 readings

BNN Gagalkan 10 Kg Sabu

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA:  Informasi  yang dihimpun Indonesia Narchotics Watch (INW), hari ini Minggu (19/8) pagi,  BNN kembali menggagalkan upaya penyeludupan 10 kg narkotika jenis  shabu asal Kucing, Malaysia di lintas batas Entikong, Kalimantan Barat. Tiga pelaku penyelundupan, Budi, Yusup dan  Gunawan juga berhasil ditangkap.

"Ini membuktikan daerah lintas batas RI-Malaysia ini tetap menjadi salah satu jalur pavorit bagi sindikat narkoba memasukkan barang haram ke Indonesia," ujar Ketua Indonesia Natchotics Watch (INW) Josmar Naibaho.kepada waratawan, Minggu (19/8).

Untuk itu, BNN sebagai garda terdepan pemberantasan narkoba di Indonesia tidak boleh kendur dalam melakukan pengawasan, pemantauan dan penindakan upaya penyeludupan narkoba ke Indonesia. Daerah lintas batas darat, khususnya di wilayah Kalimantan harus menjadi prioritas pengawasan utama bagi BNN.

Josmar mengatakan, selain lintas batas darat di Kalimantan, jalur laut di perairan Pulau Sumatera juga menjadi jalur pavorit penyelundup narkoba. Lemahnya pengawasan di jalur tikus Entikong dan kondisi perairan dangkal dan gelombang tida besar di pantai  Sumatera menjadi alasan dua daerah ini jalur pavorit peyelundupan narkoba.

"Itu sebabnya, INW mendorong BNN memberikan konsentrasi dan perhatian lebih ke lintas batas darat Kalimantan dan sepanjang pantai pulau Sumatera," ujar Josmar.

Catatan INW, dalam beberapa hari pada bulan Agustus 2018, BNN telah beberapa kali melakukan  penangkapan pelaku kejahatan narkotika. Penangkapan antara lain di Medan Riau, Aceh, Palembang dan terahir di Entikong Kalbar hari ini. Para anggota sindikat ini juga melibatkan ibu rumah tangga,  remaja dan pelajar.(np)




Berita Terkait: