You are here: Portal Opini Merdeka, Merdeka dan Merdeka

Merdeka, Merdeka dan Merdeka

Surel Cetak PDF
725 readings

Dr. Chryshnanda Dwilaksana

Oleh: Dr. Chryshnanda Dwilaksana *)
Bahagianya di hari merdeka bisa meneriakan kata : "Merdeka bung ..., Merdeka dan Merdeka...." Seakan lepas beban bangsa ini dari belenggu penjajah yang membodohi dan menjadikan bangsa ini kacung mereka. Di hari merdeka menjadi khas bangsa ini merayakan berbagai acara karnaval, lomba-lomba dan berbagai acara seni budaya ditampilkan.


Makna merdeka bukanlah evoria, happy-happy, atau berpesta pora, melainkan sebuah tugas + tangungjawab. Setiap kemerdekaan apapun selalu ada bayang-bayang tugas + tanggunjawab atas kemerdekaan itu. Kemerdekaan dalam masyarakat yang beradab senantiasa dituntut adanya kepekaan + kepedulian kepada alam, lingkungan dan sesamanya.

Merdeka sebagai bangsa + negara akan ada konsekuensi tugas + tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan, meningkatkan kualitas hidup dan menjadikan bangsa ini kuat maju, modern + terhormat. Sebagai bangsa yang merdeka + berdaulat, bangsa Indonesia akan menghadapi berbagai tantangan, hambatan, tekanan bahkan ancaman baik yang bersifat global, regional, nasional bahkan tingkat lokal sekalipun.

Siapa yang bertanggungjawab mengatasi + menangani bahkan mengkader dan menyiapkan semua ini dari generasi ke generasi?. Sering kita melihat + mendengar saling salah menyalah, saling lempar tanggungjawab bahkan saling hujat + serang. Penguasaan sumber daya dengan gaya + cara mafia memang merusak + meremukan bangsa ini.

Kesadaran untuk membangun anti korupsi memang harus ditanamkan dan menjadi suatu nilai kebanggaan. Gaya + pola hidup sederhana dan take home pay yang jelas serta rasional bagi pegawai-pegawai lepas, buruh harian dan PNS, pegawai-pegawai golongan rendah.

Pembangungan infrastruktur mengerem terjadinya penyimpangan + penyalahgunaan wewenang semestinya menjadi acuaan dan standar keberhasilan. Penghayatan kecintaan kebanggaan atas bangsa ini mestinya ditunjukan dari perjuangan untuk membersihkan bangsa ini dari korupsi, narkotika, preman-preman birokrasi dan mafia-mafia di semua lini dengan kinerja yang profesional, cerdas, bermoral + modern.  (Pamen Pangkat Komisaris Besar Polisi, Kabidbin Gakkum Korlantas Polri *)




Berita Terkait: