You are here: Portal Opini Mafia + Bisnis Birokrasi?

Mafia + Bisnis Birokrasi?

Surel Cetak PDF
904 readings

Dr. Chryshnanda Dwilaksana

Oleh: Dr. Chryshnanda Dwilaksana *)
Birokrasi sebagi organisasi nirlaba, yang semestinya memberikan pelayanan prima secara gratis namun faktanya banyak hal dibisniskan + dijadikan sumber pemasukan, bahkan monopoli atas sumber daya tertentu. Penguasaan sumber daya yang ada memang tidak semua dapat dikelola oleh institusi itu sendiri, namun bisa saja dipercayakan kepada para pengelola luar yang dipercaya, baik sebaga dept collector hingga pengadaan dan sebagai mitra kerja.



Penguasaan-penguasaan sumber daya memang bukan cara-cara yang fair berbasis kompetensi, namun cara-cara mafia untuk menguasai dan menduduki peluang-peluang + pilar-pilar sumber daya yang ada.

Penguasaan-penguasaan sumber daya + pola-pola pengelolaanya memang ada yang terang-terangan namun yang lain di bawah tangan, hanya sebatas kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat secara lisan. Para mafia birokrasi merupakan kekuatan baru yang bisa mengintervensi ke dalam maupun ke luar institusi.

Bisnis birokrasi menjadi bagian penting yang disukai dan diminati para anggota birokrasi, selain bisa menekan namun juga bisa mempermainkan orang, barang bahkan waktu.

Permainan-permainan yang berkaitan dengan perijinan, pengawasan, audit, upaya paksa dan penilaian/ penentuan-penentuan tidak serta merta dikuasai pejabatnya, namun juga kaki tangan baik orang dalam maupun luar saling mempengaruhi dan saling berkompetisi.
(Pamen Pangkat Komisaris Besar Polisi, Kabidbin Gakkum Korlantas Polri *)




Berita Terkait: