Sabtu, 16 Desember 2017

Headlines:

Wawancara  |   Profil  |  Crime Story  |  Investigasi  Tips Suara Pembaca 

You are here: Tips Inilah Tips agar Tidak Kehilangan Barang di Bagasi Pesawat

Inilah Tips agar Tidak Kehilangan Barang di Bagasi Pesawat

Surel Cetak PDF
1144 readings

Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal

Fenomena "tikus" yang mencuri dalam bagasi milik penumpang pesawat lagi-lagi muncul ke permukaan. Entah sudah ada berapa korban yang barang berharganya mengalami kehilangan.

Padahal, pihak maskapai penerbangan sudah dipercayakan untuk menjaga barang yang dititipkan oleh pihak penumpang pesawat.
Karenanya, agar terhindar dari aksi pencurian tersebut, baiknya para penumpang mengunakan tips ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Drs. Muhammad Iqbal menyebutkan ada beberapa tips agar tidak kehilangan barang

1. Periksa Kembali.
Tanyakan kepada petugas yang bertanggung jawab apakah sudah memberikan tanda pada barang bawaan, dan pastikan anda bisa mengecek tandanya sebelum barang tersebut ditaruh di conveyor belt menuju kereta untuk diantarkan ke pesawat.

2. Identitas Diri
Para penumpang pesawat harus memberikan identitas khusus atau penanda unik kepada tas ataupun barang bawaanya yang dititipkan oleh petugas bagasi.

3. Taruh Rencana Kepergian
Tuliskan rencana tempat tujuan anda di kantong yang mudah dibuka. Namun, supaya tidak mengundang tindakan kriminal yang ditujukan kepada anda, hindari menuliskan data terlalu detail. Bisa tuliskan daerah tujuan Anda. Fungsinya, jika petugas bandara menemukan tas Anda, ia akan bisa memperkirakan daerah tujuan anda berikutnya, dan mudah-mudahan bisa dikirimkan ke arah tersebut.

4. Dokumentasikan atau Foto Barang-barang Berharga
Sebelum Anda memasukkan semua barang ke dalam koper, dokumentasikan semuanya. Contohnya, dengan menaruh semua barang di sekitar koper, lalu foto. Hal ini akan membantu anda seandainya tas menghilang ataupun barang bawaan hilang, untuk ditunjukkan kepada petugas agar. Karena hal itu akan mempermudah identifikasi.

5. Datang Lebih Awal
Banyak maskapai merekomendasikan para penumpang untuk tiba di bandara setidaknya satu jam sebelum keberangkatan. Karena waktu tersebut membuat barang bawaan anda memiliki waktu lebih untuk tahapan screeninh. Kemudian sebelum menaruh tas ke ban berjalan pastikan label rute pada tas sudah benar menuju ke tempat destinasi perjalanan akhir anda.

6. Ketahui Hak Anda
Jika tas anda atau barang bawaan telah hilang, laporkan segera ke maskapai sebelum meninggalkan bandara. Dan pastikan maskapai bertangung jawab penuh. (dev)




Berita Terkait: