You are here: Tips Inilah Tips Pengendara Tak Jadi Korban Operasi Polantas Ilegal

Inilah Tips Pengendara Tak Jadi Korban Operasi Polantas Ilegal

Surel Cetak PDF
177 readings

Kombes Pol Halim Pagarra

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Sejumlah masyarakat pengguna jalan diharapkan untuk berhati-hati jika menemukan adanya operasi razia kendaraan di jalanan. Karena, bisa saja operasi yang dilakukan oleh oknum kepolisian itu ternyata ilegal.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra, tak menampik masih ada beberapa oknum yang menggelar operasi ilegal hanya untuk mencari uang. Dia berharap agar masyarakat kritis.

''Ini kan transparan. Silahkan laporkan kalau ada yang menerima pungli," kata Halim di Polda Metro Jaya, Jalan  Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (29/8/2017).

Halim melanjutkan, ciri-ciri operasi itu ilegal adalah seragam anggota kepolisian yang tak mengenekan rompi, tak ada surat tugas, tak ada plang tanda operasi dan  ada perwira disana.

"Soal surat tilang juga harus jeli masyarakat lihat ada instasi kepolisian. Ini rambu ada pakaian seragam, pakai ada surat perintah resmi bahwa itu formal," kata Halim.

Menurut Halim, ciri lainnya adalah operasi itu tak berlangsung di tikungan. Jika melihat ada beberapa polisi menertibkan kendaraan itu di tikungan,  bisa dipastikan itu adalah ilegal.

"Karena kalau di tikungan bisa menggangu perjalanan lalu lintas," ungkap mantan Dirlantas Polda Papua ini.

Halim pun berjanji akan menyertakan anggota Propam dalam setiap operasi kepolisian.

"Kami sertakan agar masyarakat tak menjadi korban operasi ilegal," pungkas Halim. (han)




Berita Terkait: